Jangan Anggap Remeh Dokumen Kecil..

Salah satu seniorku di Malang, Fadillah Putra, bercerita banyak bagaimana dia rajin mengumpulkan surat undangan menjadi narasumber, artikel dia ketika mengisi diskusi kecil, esai di media, buku, catatan hasil penelitian, dan banyak hal lain tentang perjalanan intelektualnya.
Saking rajin, dia bahkan menyimpan baik-baik selembar undangan diskusi dari organisasi kecil dan dengan peserta segelintir. Padahal, bagi kebanyakan orang, dokumen seperti itu dianggap tidak bernilai apa-apa. Undangan datang, dia hadir, surat dibuang begitu saja, habis perkara! biasanya seperti itu. Bahkan surat undangan itu kadang menjadi asbak ketika diskusi digelar.
Tetapi Mas Fadil tidak. “Kadang kita tidak sadar, semua itu penting sebagai dokumen pribadi. Padahal jika kita rajin mendokumentasikannya, banyak manfaat yang bisa kita dapat, entah berapa tahun ke depan. Dan terbukti saya banyak terbantukan dengan data kecil yang saya kumpulkan itu,” begitu Mas Fadil bercerita.
Dan, kumpulan kertas dokumentasi berupa surat undangan diskusi, tulisan untuk mengisi seminar kecil, sama diskusi publik profesional berskala besar milik Mas Fadil begitu tebalnya, setebal skripsi,disertasi. Ia diterima jadi dosen di salah satu universitas di Sumatera juga tidak lepas dari rajinnya Mas Fadil mendokumentasikan kertas-kertas itu. “Manusia dihargai karena rekam jejaknya selama hidup. Kalau tidak rajin mendokumentasikan bukti-bukti perjalanan hidup dan karya kita, dari mana orang akan menilainya. Tidak usah berpikir ndakik-ndakik. Mulailah dari yang remeh-remeh,” katanya berpesan.
Ah, aku baru sadar betapa pentingnya cv (curiculum vitae). Betapa pentingnya dokumentasi perjalanan hidup kita. Dari dokumentasi itu, kita sendiri bisa mengukur sejauh mana kita telah mengukir karya. (*)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: